Sabtu, 17 September 2016

ORGANISASI

ORGANISASI

            Berawal dari wejangan dari Senior di PPKN, bahwa berorganisasi itu banyak manfaatnya, salah satu senior saya berkata "Kalau mau menjadi mahasiswa yang luar biasa itu harus berorganisasi". saat saya mendengar kata-kata itu saya jadi tertarik untuk ikut organisasi. Kalau boleh bercerita bukan hanya karena saran dari senior tetapi juga saran dari salah satu dosen saya yang mengampu mata kuliah Kajian Masyarakat Indonesia. Pada saat itu dosen saya mengatakan kalau kita ingin menjadi orang yang berbeda dengan yang lain maka kita harus meiliki sebuah karya, dan karya itu tidak bisa kita peroleh begitu saja, kita harus berada di dalam sebuah komunitas atau perkumpulan, salah satunya adalah organisasi, dan dosen saya juga menyaranakan agar mengikuti organisasi intra kampus terlebih dahulu. Kalian minimal harus ikut organisasi yang berada di dalam kampus, karena itu akan sangat penting buat kalian, sebenarnya dosen saya memberi waktu kepada kami untuk daftar organisasi intra kampus dalam kurun waktu 1 bulan. waaaahh, saat itu saya berpikir bagaimana caranya dalam waktu sebulan harus masuk sebuah organisasi sementara belum ada organisasi yang open recruitment, tapi karena memang sudah beruntung, kebetulan di Prodi saya sudah buka oprec OPMAWA PPKN.
           Sebelum saya masuk ke organisasi, saya mencari tahu terlebih dahulu tentang apa itu organisasi. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Setelah memahami arti organisasi, saya mulai mencari informasi bagaimana berorganisasi yang baik dan disiplin.
Melanjutkan cerita di atas, saya langsung mendaftar BEM, saat itu saya juga masih bingung mau daftar di departemen apa, setelah dipikir-pikir saya mendaftar di Departemen Orseni, alasan saya mendaftar di departemen Orseni karena saya memang suka olahraga dan seni dan cukup punya bakat di bidangnya. Kenapa kita harus menyesuaikan dengan bakat yang kita miliki? menurut saya karena dengan bakat yang kita miliki otomatis kita bisa mengembangkannya dan akan memudahkan kita dalam mengurus organisasi karena memang sudah berkompeten di bidangnya.
              Saya berjuang dalam berorganisasi untuk masa depan saya, saya yakin dengan berorganisasi saya bisa melatih soft skill  saya, saya bisa belajar banyak hal di luar perkuliahan, selain itu saya juga bisa berinteraksi dengan yang lain yang tidak sekelas yang pada nantinya bisa bertukar informasi. Sebelum saya diterima menjadi anggota di BEM, ada rangkaian yang harus diikuti dimulai dari pengisian biodata online, pengumpulan hard copy dan CV. Setelah semua sudah dikumpulkan tinggal menunggu tahap wawancara. ketika sudah tahap wawancara, kami berbaris dan menunggu giliran untuk diwawancarai. Setelah beberapa lama tibalah giliran saya dan pertanyaan yang dilontarkan adalah alasan mengapa memilih departemen orseni, saya pun menjelaskan bahwa saya ingin melatih soft skill  saya tentang organisasi dan mengembangkan bakat yang dimiliki.
              Setelah rangkain penerimaan anggota BEM selesai keesokan harinya langsung diumumkan yang lolos masuk BEM, alhamdulillah saya lolos dan diterima di departemen Orseni. setelah itu langsung registrasi, namun saya tidak bisa ikut langsung karena pada saat itu saya sakit. namun tetap diterima sebagai anggota BEM. Berjuang untuk masuk organisasi itu tidak mudah karena banyak tantangan bahkan ketika kita sudah berada di dalam organisasi kita harus rela berkorban, komitmen dan tanggung jawab. jangan sampai hanya numpang nama saja tapi tidak mau bekerja dan tidak mau tanggung jawab, karena di dalam organisasi itu ada proker-proker yang harus dilaksnakan.
              Proker departemen Orseni ada 2 yaitu SOUP dan MARTIL. SOUP adalah Silaturahmi Olahraga Untuk PPKN sedangkan MARTIL adalah Music Art Festival. Proker yang sudah selesai adalah SOUP dimana proker tersebut berlangsung pada tanggal 24 Mei-1 Juni 2016, dengan KELAS PPKN A 2015 Sebagai juara umum I. Yang menjadi hambatan proker itu adalah mengenai kesekretariatan dan peyediaan tempat lomba. Ada satu masalah yang belum selesai yaitu LPJ belum diserahkan ke Sekum dan DPM,sebenarnya sudah selesai tinggal di print saja. namun sampai saat ini belum juga. Ada hal yang membuat saya jadi beban.
                Teryata berorganisasi itu tidak seenak yang kita bayangkan, saya pikir ketika sudah beroganisasi saya langsung mendapat manfaat yang signifikan, padahal salah kita harus melalui berbagai proses yang pada akhirnya baru merasakan hasilnya. Setelah dipikir pikir memang benar bahwa organisasi itu banyak manfaatnya, yang penting kita harus memegang prinsip "Organisasi utama Kuliah nomor satu"

                                                      LOGO BEM PRODI PPKN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ASEAN YOUTH CULTURAL EXPOSURE 2017

ASEAN YOUTH CULTURAL EXPOSURE 2017 THAILAND Pemuda yang berprestasi sejatinya selalu melakukan hal-hal yang baru dan bermanfaat bagi sem...